Berdamai tidak hanya dengan Masa Lalu, tapi juga dengan Masa Depan

Kata-kata “berdamai dengan masa lalu” di atas gw sadur dari salah satu novel Tere Liye. Sangat bermakna. Tapi malam ini gw sadar satu hal, berdamai dengan masa lalu tidaklah cukup, tapi berdamai dengan masa depan juga perlu dilakukan. Mengapa demikian?

Ketika kita memiliki puluhan bahkan ratusan mimpi, apakah mimpi-mimpi tersebuut akan dengan mudah terwujud? Gw kira tidak. Apakah di tengah perjalanan menuju mimpi2 tersebut kita kan sering jatuh, terluka, nangis, dsb? Gw rasa iya. Lalu bagaimana cara mengobatinya? jawaban yg baru gw temukan malam ini: berdamailah dengan masa depanmu!

Singkat kata, jadikanlah setiap harapan itu sebagai wujud kepasrahan, tawakal, dan jangan jadi beban. Mimpi2 yang ingin kita capai bukan bersifat mutlak, tapi kemutlakan ada di dalam usaha. Maksud gw, tercapai tidaknya harapan/mimpi/cita2 bukanlah suatu hal yang mutlak harus terjadi. tetapi ketika kita telah mencoba dengan segenap daya yang kita punya, dan gagal, sebenarnya dalam kegagalan tersebut kita akan menemukan suatu pencapaian yang sebenarnya.

Huft.. malam ini gw belajar banyak, merenung banyak. Salah satunya tentang hal di atas. Ketika harapan gw belum juga tercapai, namun tiba2 orang lain sudah mencapainya, apa yang harus gw lakuin? Hampir saja tadi gw down lagi, dan almost crying. Tapi gw mencoba utk menyibukkan diri, nonton film bareng anak2 kosan. Dan tiba2 gw sadar, jalan gw masih panjang, tercapai tidaknya harapan gw, biarlah Allah yang menentukan. Setidaknya gw udah usaha. Dan masih ada 8 PR yang mesti gw lakuin.Image

yuuup!!! SEMANGAT! siapapun lw, jika punya mimpi2, segera take action! gak usah peduli kiri kanan! keep moving forward!

Leave a Reply

